Diskografi Iwan Fals bag. 4

Jumat, 19 Maret 2010 komentar
10. Barang Antik
Judul Lagu:
Asmara Dan Pancaroba
Barang Antik
Jalan Yang Panjang Berliku
Jangan Bicara
Kumenanti Seorang Kekasih
Neraka Yang Asyik
Nyanyianmu
Salah Siapa
Sunatan Masal
Tante Lisa

Bersama music director Willy Soemantri, Iwan membuka diri menerima karya orang lain untuk dinyanyikan. Hanya lagu ‘Jangan Bicara’ yang diciptakan oleh Iwan Fals. Selebihnya diciptakan oleh Diat, Yoesyono, Chilung Ramali, Jaya Susanto, Dama, Richard Kyoto, Tommy dan Marie, Willy dan Tommy. Lagu ‘Barang Antik’ bercerita tentang angkutan tua (oplet) yang tergusur dengan angkutan lain seperti bis, mikrolet dan bajaj namun tetap beroperasi dipinggiran kota. Lagu ‘Jangan Bicara’ menjadi kontroversi karena liriknya yang sangat pedas.
11. Sore Tugu Pancoran
Judul Lagu:
Aku Antarkan
Angan dan Ingin
Berapa
Cik
Damai Kami Sepanjang Hari
Intermezo
Sore Tugu Pancoran
Tince Sukarti Binti Machmud
Ujung Aspal Pondok Gede
Yang Tersendiri

Masih bersama Willy Soemantri, album ini meledak di pasaran. Karena muncul bersamaan dengan film yang dibintangi Iwan Fals dengan judul ‘Damai Kami Sepanjang Hari’. Film ini bercerita tentang kehidupan pengamen yang menjadi sukses rekaman dan diisi dengan lagu-lagu Iwan. Album ini secara tidak langsung dapat dikatakan menjadi soundtrack film tersebut. Ada lagu ‘Ujung Aspal Pondok Gede’ yang berkisah tentang penggusuran. ‘Sore Tugu Pancoran’ bercerita tentang anak sekolah yang menjadi penjual koran.
12. Kelompok Penyanyi Jalanan
Judul Lagu:
Dua Menit Sepuluh Detik
Kaum Urbanis
Kembang Pete
Krisis Pemuda
Kupaksa Untuk Melangkah
Penari Jalanan
Senandung Istri Bromocorah
Serenade
Sumbang
Warijem Dan Tukiman

Album ini dapat dibilang bagi-bagi rezeki antara Iwan Fals dengan kawan-kawannya sesama pengamen yang tergabung dalam Kelompok Pengamen Jalanan (KPJ). Dengan menggunakan nama Iwan Fals yang sudah terkenal, KPJ membuat album ini didukung oleh Herry Lintauw, Anto Baret, Swartato, Eko Partiteur. Iwan sendiri hanya bernyanyi penuh pada lagu ‘Kembang Pete’, ‘Kupaksa Untuk Melangkah’, dan ‘Dua Menit Sepuluh Detik’. Sawung Jabo turut berpartisipasi dalam lagu ‘Penari Jalanan’.



komentar

Posting Komentar